Wednesday, May 29, 2013

5 Kesenian Indonesia yang Mendunia

        Kesenian Tradisional merupakan kesenian yang harus tetap di jaga sampai kapanpun karena merupakan warisan budaya bangsa. Indonesia merupakan negara yang mempunyai banyak budaya, tidak heran jika setiap budaya mempunyai kesenian yang telah menarik perhatian banyak orang, bahkan dunia karena keindahannya.

Berikut beberapa kesenian tradisional Indonesia yang mendunia:
1. Gamelan
Gamelan adalah alat musik yang terdiri dari kendhang, demung, saron, peking, gong, kempul, bonang, slentem, ketuk dan kenong, gender, gambang, rebab, siter dan suling. Gamelan berasal dari bahasa jawa, dari kata"gamel" yang berarti memukul / menabuh dan diikuti akhiran "an" yang menjadikannya sebuah kata benda.
Gamelan merupakan salah satu kesenian yang cukup terkenal di luar negeri, contohnyaada banyak kelompok gamelan di negara Amerika. Gamelan juga dijadikan sebagai bahan pembelajaran di beberapa negara lainnya.
2. Wayang
Wayang merupakan pertunjukkan asli Indonesia yang berkembang pesat di Pulau Jawa dan Bali. Selain itu beberapa daerah seperti Sumatera dan Semenanjung Malaya juga memiliki beberapa budaya wayang yangterpengaruh oleh kebudayaan Jawa dan Hindu.
UNESCO, lembaga yang membawahi kebudayaan dari PBB, pada 7 November 2003menetapkan wayang sebagai pertunjukkan bayangan boneka tersohor dari Indonesia, sebuah warisan mahakarya dunia yang tak ternilai dalam seni bertutur (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity).
3. Batik
Batik adalah salah satu pembuatan bahan pakaian. Batik mengacu pada dua hal, pertama adalah teknik pewarnaan kain menggunakan malam dan yang kedua adalahkain atau pakaian yang dibuat dengan cara tersebut.
Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober, 2009.
4. Angklung
Angklung adalah alat musik tradisional Indonesia yang terbuat dari bambu dam berasal dari Jawa Barat. Angklung sendiri telah terdaftar dalam UNESCO sejak November2010. Angklung di mainkan oleh masyarakat Sunda sebagai bagian dari ritual penanaman padi sejak dahulu. Dan kini bukan hanya masyarakat Sunda saja yang memainkan, dibeberapa tempat wisata Angklung menjadi daya tarik tersendiri bagi turis lokal maupun mancanegara untuk memainkannya.
5. Keris
Keris merupakan senjata tradisional dari Indonesia. Bentuknya khas dan mudah dibedakan dari senjata tajam lainnya karena tidak simetris di bagian pangkal yang melebar, seringkali bilahnya berkelok-kelok. Pada masa lalu keris berfungsi sebagai senjata dalam duel/peperangan, sekaligus sebagai benda pelengkap sesajian. Pada penggunaan masa kini, keris lebih merupakan benda aksesori dalam berbusana, memiliki sejumlah simbol budaya, atau menjadi benda koleksi yang dinilai dari segi estetikanya.
sumber : http://hadibungsu.mywapblog.com/5-kesenian-tradisional-indonesia-yang-me.xhtml

No comments:

Post a Comment