Wednesday, May 29, 2013

Hubungan Ilmu Antropologi dengan Ilmu Lain

1.       Ilmu geologi dan antropologi
Bantuan ilmu geologi dalam mempelajari tentang cirri-ciri lapisan bumi serta perubahan perubahannya,sangat dibutuhkan oleh ilmu paleoantropologi dan prehistori dalam menetapkan umur relative dari fosil-fosil makhluk hidup primate dan fosil manusia dari zaman dahulu,serta artefak atau barang-barang hasil kebudayaan tempo dulu yang digali dari dalam bumi.
 2.       Ilmu plaentropologi dan antropologi
Bantuan ilmu yang mengkaji tentang fosil makhluk hidup dari zaman dahulu bertujuan untuk membentuk suatu rekontruksi tentang proses evolusi bentuk makhluk-makhluk yang pernah ada di muka bumi merupakan ilmu bantu yang sangat penting bagi antropologi. Fosil ini dapat berupa sisa bagian tubuh manusia atau tumbuhan yang terkubur di dalam tanah.
 3.       Ilmu anatomi dan antropologi
 Ilmu ini diperlukan oleh antropologi dalam usaha untuk mendapatkan pengertian tentang soal asal mula dan penyebaran manusia serta hubungan antar dan ras dunia. Melalui kajian penelitian tentang ciri-ciri dari berbagai tengkorak dari bagian tubuh manusia pada umumnya (yang pada dasarany menjadi dasar ilmu anatomi).
 4.       Ilmu kesehatan masyarakat dan antropologi
Antropologi memberikan kesehatan masyarakat yang akan bekerja di berbagai daerah dengan aneka warna kebudayaan,meode dan cara untuk mendapatkan dan menyesuaikan diri dengan kebudayaan dan adat istiadat setempat.
 5.       Ilmu psikatris dan antropologi
Ilmu ini menjabati kajian kebudayaan dan kepribadian dalam menelaah suatu kelompok suku bangsa.
 6.       Ilmu linguistik dan antropologi
Ilmu ini sangat dibutuhkan karena merupakan suatu hal yang sangat mustahil apabila antropologi mengadakan penelitian tanpa mengenal dan memahami bahasa suku bangsa yang akan diteliti
 7.       Ilmu arkeologi dan antropologi
Ilmu ini diperlukan oleh sub ilmu prehistori yang bermaksud mengetahui sejarah perkembangan kebudayaan manusia dan suku-suku bangsa sejak sebelum mengenal tulisan sampai kepada masa sekarang.
 8.       Ilmu sejarah dan antropologi
Ilmu bantu yang penting karena kaitannya dengan mengenal sejarah awal perkembangan suatu suku bangsa yang dijadikan objek kajian atau suatu penelitian.
 9.       Ilmu administrasi dan antropologi
Ilmu ini sangat dibutuhkan terutama agar data-data penelitian yang diperoleh dapat terhimpun dalam suatu kumpulan yang baik sehingga dapat memudahkan kajian-kajian di masa yang akan datang.
 10.    Ilmu politik dan antropologi
Dalam penulisan sebuah deskripsi etnografi tentang suatu suku bangsa akan seorang peneliti antropologi akan berhadapan dengan kekuatan dan proses politik setempat.
 11.    Ilmu ekonomi dan antropologi
Ilmu ekonomi mempunyai hubungan timbal-balik dengan antropologi. Mengkaji bagaimana perilaku ekonomi suatu masyarakat suku bangsa yang tidak akan terlepas dari bagaimanakah sikap dasar masyarakat,struktur suatu masyarakat, cara berpikir dan cara pandang sebagaimanaya.
sumber :  http://lenianggraini.wordpress.com/2012/10/27/hubungan-antropologi-dengan-ilmu-ilmu-lainnya/

No comments:

Post a Comment